Pendidikan

Sukseskan Kalimantan Timur CEMERLANG 2013

E-Learning

Posted by henypratiwi pada 1 September 2009

E-learning merupakan salah satu dampak positif dari kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan,e-Learning sendiri diartikan sebagai proses pembelajaran jarak jauh yang berbasis media elektronik. E-Learning yang selama ini dilakukan sering dinamakan dengan istilah blended e-Learning. Seperti halnya mem-blender atau mencampur, maksud dari blended e-learning adalah campuran dari pengajaran tatap muka dan pengajaran on-line. Misalnya guru tetap mengajar sesekali di kelas namun selanjutnya materi kuliah, tugas, ujian, atau kuliah seringkali disampaikan secara on-line.

E-Learning atau pembelajaran elektronik juga merupakan salah satu alternatif kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui pemanfaatan teknologi komputer dan internet.Misalnya saja seseorang yang tidak dapat mengikuti pendidikan konvensional karena berbagai sebab, misalnya harus bekerja (time constraint), kondisi geografis (geographical constraints), jarak yang jauh (distance constraint), kondisi fisik yang tidak memungkinkan (physical constraints), daya tampung sekolah konvensional yang tidak memungkinkan (limited available seats), phobia terhadap sekolah, putus sekolah, atau karena memang dididik melalui pendidikan keluarga di rumah (home schoolers) dimungkinkan untuk dapat tetap belajar, yaitu melalui e-Learning.

Ada beberapa manfaat pembelajaran elektronik atau e-Learning, di antaranya adalah:

  • Pembelajaran dari mana dan kapan saja (time and place flexibility).
  • Bertambahnya interaksi pembelajaran antara peserta didik dengan guru atau instruktur (interactivity enhancement).
  • Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (global audience).
  • Mempermudah penyempurnaan dan penyimpanan materi pembelajaran (easy updating of content as well as archivable capabilities).

Fungsi e-Learning dapat sebagai pelengkap atau tambahan, dan pada kondisi tertentu bahkan dapat menjadi alternatif lain dari pembelajaran konvensional, dengan begitu peserta didik maupun dosen/guru/instruktur dapat memperoleh manfaat dari penyelenggaraan e-Learning yaitu fleksibilitas kegiatan pembelajaran, baik dalam arti interaksi peserta didik dengan materi/bahan pembelajaran, maupun interaksi peserta didik dengan dosen/guru/ instruktur, serta interaksi antara sesama peserta didik untuk mendiskusikan materi pembelajaran.

Untuk itu dengan adanya sistem e-Learning kita harus mampu menggunakannya secara optimal dan memasyarakatkan penggunaan e-learning terutama di Indonesia, sehingga e-learning dapat menjadi lebih efektif seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan metode pembelajaran yang digunakan.

E-learning merupakan sarana pembelajaran melalui teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Umumnya, pemanfaatan Information and communications technologies (ICT) dalam perkuliahan (secara e-learning) diharapkan dapat:
1. Memperkaya penyampaian kuliah
2. Meningkatkan komunikasi antara dosen dan mahasiswa, dan sesama mahasiswa
3. Menyediakan akses bahan kuliah secara asinkron.

E-learning bisa dilihat dari beberapa sisi, yakni dari sarana komunikasi yang dipakai, jadwal, struktur kelas, dan teknologi yang dipakai. Dari sarana komunikasi, pembelajaran ada yang on-line, ada yang tatap muka di kelas, dan ada yang campuran (blended learning). Dari jadwal, ada yang berjenis sinkron, ada yang tak sinkron. Dari struktur kelas, e-learning bisa bersifat selfpaced, instructor-led, dan self-study (gabungan antara self-paced dan instructorled). Dari teknologi yang dipakai, e-learning selalu mengikuti perkembangan teknologi. Teknologi sifatnya berubah-ubah dalam e-learning. Ada banyak cara siswa (peserta e-learning) berkomunikasi dengan sesama siswa dan dengan instruktur mereka. E-learning dapat dilakukan dengan aplikasi online. Dalam kasus lain, bila jarak bukan masalah, komunikasi tatap muka dapat dipakai juga untuk menghasilkan e-learning campuran (blended e-learning). Di sini selain ada interaksi lewat web, juga ada interaksi tatap muka. Dengan teknologi, definisi tatap muka bisa diperluas dengan memakai komunikasi video dan audio dua arah. Cara ini juga menghasilkan pengalaman e-learning campuran.

Dari segi jadwal, e-learning dapat dibedakan antara sinkron dan asinkron. Sinkron berarti ada implementasi komunikasi secara real-time. Komunikasi realtime itu misalnya video conferencing, teleconferencing, dan program chat on-line. Sebaliknya, asinkron berarti cara komunikasi lain tidak mengharuskan tanggapan secara real-time. Contoh e-learning asinkron meliputi: email, list serve, diskusi, blog, dan forum online.
Struktur klas e-learning berhubungan dengan cara pengelolaan pengajaran. Elearning dapat bersifat kecepatan bebas, self-paced (kecepatan belajar ditentukan sendiri oleh siswa), terbimbing oleh instruktur, atau belajar sendiri dengan pakar. Pengajaran kecepatan bebas dikelola dengan memberi siswa bahan yang dia perlukan untuk menyelesaikan pelatihan/pelajaran. Pelatihan terbimbing oleh instruktur menyediakan pemandu untuk menerapkan pengajaran bagi siswa. Belajar sendiri dengan pakar merupakan gabungan dari kecepatan bebas dan terbimbing instruktur. Seperti kecepatan bebas, siswa bertanggung jawab untuk tetap pada tugas mereka dan sesuai jadwal, tapi seperti dalam tipe terbimbing instruktur, di sini ada interaksi dengan orang yang mengecek kemajuan siswa.
Teknologi yang dipakai untuk mengimplementasi pembelajaran tak terbatas pada bahan berbasis web. E-learning dapat dicapai dengan memanfaatkan sebarang bentuk teknologi yang meneruskan informasi yang menghasilkan media. Kaset audio/video, meski merupakan teknologi usang, tetap merupakan sarana yang dapat dipakai untuk mengimplementasi pembelajaran. Teknologi yang lebih baru membantu pengalaman belajar karena di sini ada lebih banyak sarana untuk memuat informasi. Teknologi merupakan unsur paling variabel dalam e-learning. Semakin tinggi teknologi, semakin banyak pilihan bagi e-learning. Kemunculan Internet yang selanjutnya menghasilkan e-learning, ketika koneksi dial-up digantikan oleh modem kabel, laju dan bandwidth naik, secara korelatif kualitas pembelajaran online meningkat karena komputer akan mampu mendukung media ini. Ketika kecepatan naik dan peranti menjadi semakin kecil dan mobile, pelatihan akan menjadi lebih fleksibel dan akan meningkatkan lebih lanjut pertumbuhan dan popularitas e-learning.
Pengelolaan e-learning biasanya dilakukan dengan memakai LMS (learning management system). Fitur umum2 LMS adalah:
1) Adanya fasilitas untuk mengelola pemakai, peran, mata kuliah, pengajar,
fasilitas, dan pelaporan
2) Kalender
3) Pengiriman pesan dan pengumuman untuk mahasiswa
4) Evaluasi/ujian/kuiz
5) Penilaian
6) Dukungan penyajian kuliah berbasis web atau kuliah campuran
Lebih lanjut ada pula skema pengelompokan fitur LMS untuk keperluan pembandingan antara satu LMS dengan LMS lain seperti berikut.
1) Learner Tools
a) Communication Tools
– Discussion Forums
– File Exchange
– Internal Email
– Online Journal/Notes
– Real-time Chat
– Video Services
– Whiteboard
b) Productivity Tools
– Bookmarks
– Orientation/Help
– Searching Within Course
– Calendar/Progress Review
– Work Offline/Synchronize
c) Student Involvement Tools
– Groupwork
– Self-assessment
– Student Community Building
– Student Portfolios
2) Support Tools
a) Administration Tools
– Authentication
– Course Authorization
– Registration Integration
– Hosted Services
b) Course Delivery Tools
– Course Management
– Instructor Helpdesk
– Online Grading Tools
– Student Tracking
– Automated Testing and Scoring
c) Curriculum Design
– Accessibility Compliance
– Course Templates
– Curriculum Management
– Customized Look and Feel
– Instructional Standards Compliance
– Instructional Design Tools
– Content Sharing/Reuse

Sementara itu, jenis kuliah bila dikaitkan dengan e-learning dapat dibagi menjadi 4 macam. Pertama, kuliah tatap muka, kuliah jarak jauh (distance learning), web-enhanced (kuliah tatap muka yang didukung dengan materi di web), dan blended learning (ada aktivitas online dan ada aktivitas tatap muka). Dalam skema blended learning waktu kuliah tatap muka dikurangi dan digantikan dengan waktu untuk kegiatan kuliah jarak jauh.

5 Tanggapan to “E-Learning”

  1. assalamualaikum bu Heny,,
    saya sangat setuju dengan tulisan bu henny memang pemanfaatan metode belajar dengan elearning sangat membantu..
    di kampus saya Universitas Gunadarma telah menerapkan elearning semenjak saya menjadi mahasiswi pada tahun 2006..
    elearning sendiri sangat bermanfaat bagi saya dan teman mahasiswa lainnya..

    ibu bisa mengunjungi elearning kampus saya pada alamat :
    http://elearning.gunadarama.ac.id
    di dalamnya terdapat ebook serta video pembelajaran, SAP / silabus, virtual class dengan quiz, dan materi.

    Penelitian
    Ada beberapa topik penelitian yang mungkin dapat menjadi ide penelitian anda
    http://repository.gunadarma.ac.id

    Penelitian Kecil (Level PI)
    http://library.gunadarma.ac.id/penulisan.html

    Materi Ajar (bentuk tayangan pdf)
    http://ocw.gunadarma.ac.id

    semoga bermanfaat🙂

    trimakasih bu..

    wassalam

    • henypratiwi said

      Saya juga mengucapkan terimakasih atas informasinya mba. Tentu ini akan sangat bermanfaat bagi kami dan kemajuan pendidikan.

  2. Pengimplementasian elearning yang telah menjadi bagian dari pembelajaran di lingkungan Universitas Gunadarama yang terus diperlukan oleh para pendidik dan mahasiswa, oleh karena itu Kami memiliki situs elearning yang dapat menjadi bahan referensi ataupun pengembangan pembelajaran, silahkan anda kunjungi situs kami href=”http://elearning.gunadarma.ac.id”.

  3. […] ( sumber dari ibu heny pratiwi, S.Kom https://henypratiwi.wordpress.com/2009/09/01/e-learning/) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: