Pendidikan

Sukseskan Kalimantan Timur CEMERLANG 2013

Disdik dan Austraining Selenggarakan Workshop Guru RSBI

Posted by henypratiwi pada 22 November 2011

SAMARINDA – Dinas Pendidikan (Disdik) Kalimantan Timur bersama PT Austraining Nusantara menyelenggarakan workshop bagi guru dan kepala sekolah Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) untuk  empat sekolah di Kalimantan Timur.

Yakni Sekolah Dasar (SD) Negeri 002 Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 10 Samarinda serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Bontang.

“Keempat sekolah ini nantinya diharapkan akan menjadi sekolah unggulan di Kaltim. Sedangkan kegiatan  berupa  workshop saat ini dilaksanakan selama tiga hari dilanjutkan pendidikan selama dua pekan di Australia,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim usai membuka Workshop Effective School Improment and School Action Plan Development di Samarinda, Jum’at (16/9).

Menurut dia,  kegiatan ini merupakan implementasi program untuk meningkatkan kualitas sekolah-sekolah di daerah khususnya untuk membentuk sekolah unggulan. Sementara itu pelaksanaan workshop yang dilanjutkan dengan pendidikan di Australia ini adalah kegiatan tahap awal.

Nantinya, diharapkan setelah kembalinya dari pendidikan tersebut para guru maupun kepala sekolah di empat sekolah itu dapat mentransformasikan pengetahuan dan keilmuan yang diperolehnya itu kepada sekolah-sekolah di daerahnya.

Karena sesuai dengan momitmen Gubernur Kaltim agar terciptanya sekolah-sekolah unggulan minimal satu sekolah di setiap kabupaten dan kota se-Kaltim. Sehingga, sekolah unggul itu akan menjadi rujukan bahkan pembina bagi sekolah lainnya di daerah tersebut.

“Keinginan Gubernur Kaltim agar di daerah terdapat sekolah unggul sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang sesuai dengan standar nasional pendidikan. Bahkan melalui sekolah unggul atau RSBI itu memiliki kualifikasi tersendiri untuk nilai kelulusan Ujian Nasional,” jelasnya.

Misalnya, secara nasional telah ditetapkan minimal nilai kelulusan 5,5 tetapi Kaltim melalui sekolah unggul ini dapat memiliki kualifikasi sendiri dengan menetapkan standar nilai minimal 6 bahkan 6,5 diatas standar nasional.

Sehingga ujarnya, dengan patokan standar nilai itu dapat menjadi barometer kualitas dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan bagi siswa di sekolah unggul itu. Menurutnya, itulah alasan sekolah RSBI atau unggul itu menjadi sekolah rujukan bahkan Pembina bagi sekolah lainnya di daerahnya masing-masing.

Sementara itu instruktur dan pendamping dari PT Austraining Nusantara Daryl Mc Mohan mengatakan workshop ini merupakan upaya memberikan dukungan pada program RSBI di Kaltim dan merupakan kegiatan awal untuk memberikan wawasan dan berbagi ide tentang peningkatan sekolah yang efektif.

“Melalui workshop ini secara bersama merumuskan metode dan upaya yang harus dilakukan kedepan, sehingga akan ada draft action plan yang dapat dihasilkan masing-masing sekolah. Selama di Australia tim Austraining Nusantara akan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Australia Selatan dan sekolah tempat mengikuti pendidikan,” ujar Daryl Mc Mohan.

Worshop diikuti para guru dan kepala sekolah dari empat sekolah dari tiga daerah yang dilaksanakan selama tiga hari sejak 16 hingga 18 September ini. Kegiatan dilaksanakan team pelatih dan pendamping dari PT Austraining Nusantara selanjutnya akan melakukan kunjungan ke SMP Negeri 1 dan SMA Negeri 10 Samarinda.(yans/adv)

Sumber : http://disdik.kaltimprov.go.id

2 Tanggapan to “Disdik dan Austraining Selenggarakan Workshop Guru RSBI”

  1. Hebat!!! Anda salah satu guru peserta pelatihan dan Pendampingan ICT PT. AUstraining di Kaltim yang paling sukses menerapkan ICT untuk kepentingan PBM dan Pendidikan.

    Terima kasih atas perhatioan dan partisipasinya

    TIM Pendamping,

    Ruslan

  2. henypratiwi said

    Terimakasih juga pak. Tanpa bantuan dan pendampingan dari bapak dan ibu semua, Saya sama sekali bukan apa-apa.
    Saya akan berusaha lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: