Pendidikan

Sukseskan Kalimantan Timur CEMERLANG 2013

Catatan Si Guru TIK (1)

Posted by henypratiwi pada 7 Januari 2012

Catatan ku

Catatan Saya

 

Ini catatan saya yang pertama kali….hmmm…sebenarnya sudah beberapa waktu yang lalu ingin menulis tapi, waktunya belum sempat karena masih harus mengerjakan tugas kuliah atau pekerjaan dulu.
Jujur saat ini pun masih dalam masa sibuk2 nya membangun sebuah disertasi dan menuliskan analisis renstra….saya harap mereka mau bersabar untuk dikerjakan….
Menulis ini saya anggap sebagai refreshing di sela2 kegiatan yang lumayan padat.

Beberapa hari ini saya coba mulai kilas balik mengapa saya begitu tertarik dengan jurusan ti dan mulai terjun di bidang pendidikan, pasti ada sesuatu yang istimewa disini…..Apalagi di tahun 2012 saya mulai menerapkan visi misi dan program kerja yang jelas disertai konsistensi bahwa saya harus melakukan sesuatu yang berbeda, membenah diri agar bisa lebih baik dan punya target yang jelas.

antara pekerjaan dan bidang ilmu saya sebenarnya sama ditambah lagi dukungan dari sekolah membuat saya jadi lebih semangat belajar *belajar sepanjang hayat

Dulu kalau mempelajari suatu ilmu pasti itu untuk diri saya sendiri, tetapi sekarang sudah lebih general. Saya punya tim IT yang bisa saya tanya2 lebih jauh utamanya tentang bidang yang ingin yg saya ketahui dan yang paling menggembirakan adalah saya memiliki tim komputer sendiri, Tim ini terdiri dari siswa/i sekolah yang punya minat dan berbakat di bidang komputer walaupun masih ada yang malu-malu *kurang pede dalam menjelaskan komputer.

Tapi, yg plg saya suka adalah semangat mereka, Perlu diketahui bahwa ilmu di bidang IT ini luas sekali ada desain grafis, video editing, office, pemrograman, dsb dan bidang2 itu banyak software pendukung nya….dan biasanya kemampuan IT sudah terspesifikasi dengan jelas misal desain grafis menggunakan Corel Draw….namun, orang awam beranggapan kalau orang komputer berarti semuanya bisa….

Kembali ke tim TOKI, mereka semua dipersiapkan untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional yang materinya logika matematika dan algoritma..biasanya Pascal…

Materi komputer di sekolah tidak sepopuler pelajaran2 lain yg lebih mengedepankan UN, biasanya pelajaran komputer hanya dipelajari supaya siswa tidak gaptek/melek teknologi selebihnya ya biasa saja, ya hanya pelajaran tambahan saja.

Saya juga tidak mau memaksakan siswa untuk bisa pintar komputer, tapi saya ingin mereka merasakan betapa senangnya berkenalan dg makhluk yg namanya komputer ya walaupun mereka lebih suka nge game…tapi, kalau mereka bisa buat game sendiri juga bagus. Oleh karena itu, saya akan selalu bersemangat *kadang berapi2 dalam mengajar….rasanya semua yg ada di otak saya sudah mau saya transfer ke mereka biar bisa pintar semua….walau ada yg bisa menangkap dan ada yg masih kesulitan.

karena itulah ketika diberi kesempatan mengajar tim TOKI, senangnya luar biasa. Inilah tim dimana saya bisa habis2an untuk melakukan sharing ilmu krn ada bbrp diantara mereka yg punya bidang ilmu komputer yang cukup mumpuni…..wah…Saya jadi teringat pepatah Perluaslah ilmu dengan cara membagikannya….

Saya sering melihat di sekolah, begitu banyak piala tapi masih jarang dari lomba komputer, saya berusaha menelisik apa penyebabnya, apa karena lombanya yg biasa di pulau Jawa/jarang diadakan di kota saya?, Apa karena Guru atau Siswa nya yg belum kreatif? Saya kira ada banyak faktor yang berpengaruh disini….

Tidak perlu banyak berjanji, saya kira Pembuktian itu lebih baik, Meskipun sekolah kami adalah sekolah umum dan bukan khusus TI, Kami juga ingin bisa berkarya dan juara di bidang TI. jadi, kami harus berusaha, membuat strategi/strategic planning dan menerapkan tujuan yang jelas, apa tujuan tim OSN komputer.

Meskipun saya sendiri berlomba dengan waktu untuk bisa menyelesaikan disertasi tepat pada waktunya namun hati saya selalu ingin agar kami bisa mengangkat nama sekolah di bidang IT, berharap ada sedikit hegemoni komputer di sekolah bukan lagi “hanya” sekedar “tambahan”.

Ini masih awal 2012, namun, target sudah dicanangkan….kami harus bisa walau bagaimanapun hasilnya, yang penting kami harus berusaha tidak bisa tidak, Biar Tuhan yang menentukan. Semangat memajukan dunia IT harus terus dikembangkan. Semangat ini tidak pernah padam dan akan terus menyala.

Bagi para readers yang menyempatkan diri membaca tulisan ini, Saya ucapkan terimakasi, ini hanya ungkapan pribadi yg saya tuangkan ke dalam catatan, dengan bahasa yg (mungkin) tidak begitu baik setidaknya saya sudah berupaya memotivasi dan mengapresiasi diri saya sendiri, bahwa tahun ini tahun yg penuh motivasi bagi saya dan ada sejumlah target yg harus dicapai. This is my life. Majulah Dunia IT dan Dunia Pendidikan Indonesia. Semangat!!!!!!

 

 

Tinggalkan Balasan

 
